Indonesian Nutrition Network (INN) Jl.
HR. Rasuna Said Blok X-5 Kav. No. 4-9 Lt. 8, Jakarta
12950 Indonesia Email: [email protected]
Copyright © 2001 INN All rights
reserved.
| |
|
Anak Balita Menguasai
Konsep Matematika
Rabu, 21 September,
2005 oleh: Gsianturi Anak Balita
Menguasai Konsep Matematika Gizi.net - Anak Balita
Menguasai Konsep Matematika
Anak usia di bawah
lima tahun sudah menguasai konsep penjumlahan. Anak-anak
di bawah usia lima tahun (balita) ternyata dapat
menyelesaikan jenis operasi matematika tertentu sebelum
memperoleh pelajaran matematika secara formal, demikian
hasil penelitian.
Tanyalah seorang anak berumur 5
tahun, apakah 13 ditambah 17 lebih besar atau lebih
kecil daripada 50. Maka, Anda akan terkejut melihat
hasilnya. Untuk mengetahuinya, para peneliti melakukan
operasi serupa menggunakan peragaan visual.
Dalam
penelitian pertama, anak-anak dihadapkan pada 13 titik
berwarna biru di layar komputer. Kemudian ditambahkan 17
titik berwarna biru lainnya sebelum kemudian
digabungkan. Setelah itu, mereka diperlihatkan 50 titik
berwarna merah dan ditanya mana lebih banyak, titik
berwarna biru atau berwarna merah.
Dengan cara
seperti ini, ternyata sekitar dua pertiga dari jawaban
yang diberikan benar yaitu titik berwarna merah lebih
banyak daripada titik biru.
Dalam percobaan yang
lain, anak-anak diminta untuk membandingkan jumlah titik
berwarna biru di layar dengan suara ketukan sejumlah
titik yang berwarna merah. Sekali lagi, mereka mampu
menentukan mana yang lebih besar. Hal ini menunjukkan
bahwa mereka memiliki konsep abstrak tentang angka yang
melibatkan banyak sensor pengenal, seperti halnya orang
dewasa.
Temuan ini menunjukkan bahwa anak-anak
memiliki intuisi sejak lahir terhadap matematika yang
mungkin dapat digunakan sebagai dasar agar pelajaran
sekolah lebih menyenangkan.
"Apa yang menjadi
pusat perhatian pada angka setelah dewasa adalah dapat
menentukan angka 7, misalnya, dengan jumlah sesuatu yang
bermacam-macam," kata Elizabeth Spelke, seorang psikolog
di Harvard University yang juga principal investigator
dalam penelitian ini. "Kami dapat mengatakan terdapat
tujuh titik tapi juga terdapat suara yang keluar tujuh
kali. Meskipun melibatkan rangsangan sensor yang
berbeda, jumlahnya sama."
Penelitian terakhir
yang dilakukan pada bayi dan primata menunjukkan bahwa
kemampuan ini sudah diperlihatkan sebelum umur 5 tahun.
"Saya pikir, percobaan terhadap bayi dan monyet
menunjukkan bahwa kemampuan ini bawaan lahir," kata
Spelke.
Karena intuisi matematika terbukti
diperlihatkan sejak dini, anak-anak dapat meningkatkan
kemampuannya untuk memecahkan berbagai bentuk masalah
aritmatika yang harus dihadapi di
sekolah.
Menghindari tekanan Seorang anak
pertama kali menghadapi matematika di bangku sekolah
dasar, dan beberapa mampu menyelesaikan penambahan dan
pengurangan dengan baik, sedangkan perkalian dan
pembagian merupakan proses yang panjang dan membutuhkan
tekanan.
"Anak-anak merasa bahwa simbol
matematika tidak begitu sulit, dan menarik sehingga
anak-anak menyukai percobaan kami," kata Spelke. "Di
sana ada permainan, anak-anak sangat menyukai permainan
dan mereka juga nyaman di sana," tambahnya. Anak-anak
bermain matematika tanpa merasakannya.
Spelke
menekankan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan tapi
ia percaya para guru seharusnya menggunakan pengetahuan
ini untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa-siswinya
terhadap kemampuan matematika, dan membuat pelajaran
matematika lebih menyenangkan dan menantang.
Cara-cara abstrak untuk mengajar matematika
dapat juga digunakan untuk mengajarkan simbol-simbol
matematika yang harus dihadapai agar menjadi sangat
trampil di kemudian hari.
"Apa yang diperlihatkan
oleh penelitian kami menunjukkan bahwa anak-anak
memiliki pemahaman terhadap penambahan dan angka. Oleh
karena itu, kami berharap dapat mengasah kemampuannya
kepada instruksi matematika yang lebih rumit," kata
Spelke.
Temuan ini dijelaskan dalam jurnal
Proceedings of the National Academy of Sciences edisi 12
September.
Sumber: LiveScience.com
Penulis: Wah
http://www.kompas.com/ 20
September 2005
| |
| |