Anda disini : Home - Berita Terbaru - IMPLEMENTASI PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH BERBASIS ANDROID (USBA) SECARA OFFLINE
3Februari2025
IMPLEMENTASI PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH BERBASIS ANDROID (USBA) SECARA OFFLINE
Sen, 3 Februari 2025 Dibaca 164x
Ujian semester berbasis android yang diterapkan oleh SDN 84 Watang Cenrana Kec. cenrana Jambi sangat ditentukan oleh persepsi yang dimiliki oleh guru-guru dan siswa, dimana persepsi ini berakar pada pandangan terhadap pelaksanaan ujian berbasis android pengalaman dan pengetahuan guru itu sendiri. Bagi perspektif Peserta didik, Perubahan Ujian konvesional ke arah Ujian berbasis android ini akan berdampak pada reaksi individu, bagi sekolah Seperti SDN 84 Watang Cenrana Kec. cenrana Jambi yang baru mulai menggunakan atau melaksanakan Ujian berbasis android pada tahun 2024, masih ditemukan adanya perbedaan pandangan diantara guru mata pelajaran dan siswa disekolah tersebut mengenai Ujian semester berbasis android. Oleh karena itu, penelitian ini perlu dilakukan mengingat setiap individu (guru dan siswa) memiliki cara yang berbeda dalam menyingkapi dan Menginterpretasikan Ujian semester berbasis android Sesuai dengan Pengetahuan, pengalaman, dan sistem kepercayaan mereka
Milenial ini ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat membawa dampak pada berbagai bidang kehidupan. Teknologi komunikasi dan elektronik sudah berkembang sedemikian pesat, sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi, yang tidak lagi terbatas pada informasi surat kabar, audio visual dan elektronik, tetapi juga informasi lainya yang salah satu diantaranya jaringan internet. Salah satu bidang yang mendapatkan dapak cukup berarti adalah bidang pendidikan, dimana pada dasarnya turut mengalami peningkatan dalam hal kualitas, kecepatan, kepraktisan dan juga kemudahan, pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari pendidikan kepada peserta didik yang berisi informasi-informasi yang memiliki unsur kependidikan sebagai menyajian ide, gagasan dan materi pendidikan serta peserta didik itu sendiri (Oetomo dan Priyogutomo, 2004), beberapa bagian unsur mendapatkan sentuan media teknologi informasi. Penerapan teknologi informasi juga bermanfaat untuk pendidikan. Menurut Suprianto dkk (2014:3), teknologi didalam pendidikan bermanfaat dalam proses pembelajaran. munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu pengetahuan dapat mempermudah siswa dalam belajar dan tidak terlalu terpaku terhadap informasi yang diajarkan oleh guru. Terciptanya metode-metode variatif bagi guru dalam proses belajar pemebelajaran yang
mempermudah siswa dalam memahami materi-materi. Serta dalam evaluasi pembelajaran hasil belajar siswa, pemamfaatan teknologi dapat mempermudah pengolahan data hasil tes ujian siswa yang biasanya dihitung secara manual dan membutuhkan waktu cukup lama, menjadi suatu yang mudah untuk dikerjakan dengan menggunakan media computer, yang dapat mengolah data dengan memamfaatkan berbagai program yang telah diinstalkan (Jamun, 2018
Tinggalkan Komentar