Info Sekolah
Rabu, 22 Jan 2025
  • SELAMAT DATANG DI SDN 84 WATANG CENRANA
  • SELAMAT DATANG DI SDN 84 WATANG CENRANA
3 Maret 2022

KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

Kam, 3 Maret 2022 Dibaca 5x SI KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

KURIKULUM SD NEGERI 84 WATANG CENRANA

Kurikulum 2013 dikembangkan dengan berbasis pada kompetensi, sangat
dibutuhkan sebagai instrumen untuk mengarahkan peserta didik menjadi;

  • manusia berkualitas yang mampu dan proaktif menjawab tantangan jaman yang selalu berubah,
  • manusia terdidik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri
  • warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab

Pelaksanaan penyusunan kurikulum 2013 adalah bagian dari melanjutkan
pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dirintis
pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan
keterampilan secara terpadu, sebagaimana amanat UU 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional pada penjelasan pasal 35, di mana kompetensi
lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah
disepakati. Strategi pengembangan pendidikan dapat dilakukan pada upaya
meningkatkan capaian pendidikan melalui pembelajaran siswa aktif
berbasis kompetensi; efektivitas pembelajaran melalui kurikulum, dan
peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru; serta lama tinggal di
sekolah dalam arti penambahan jam pelajaran.

Kompetensi inti pada kurikulum 2013 merupakan tingkat kemampuan untuk
mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta
didik pada setiap tingkat kelas. Kompetensi inti terdiri atas:

a. kompetensi inti sikap spiritual;

b. kompetensi inti sikap sosial;

c. kompetensi inti pengetahuan; dan

d. kompetensi inti keterampilan.

Kompetensi dasar merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal
yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada
masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi
inti.Kompetensi dasar pada kurikulum 2013 berisi kemampuan dan materi pembelajaran untuk suatu mata
pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada
kompetensi inti.

No

Kelompok Mata Pelajaran

Cakupan

1.

Agama dan Akhlak Mulia

Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk
membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika,
budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.

2.

Kewarganega-raan dan Kepribadian

Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan
status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.

Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan
patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia,
kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender,
demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar
pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.

3.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD NEGERI 84 WATANG CENRANA dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan
mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan
berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.

4.

Estetika

Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan
sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi
keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan
keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam
kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup,
maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan
kebersamaan yang harmonis.

5.

Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SD NEGERI 84 WATANG CENRANA dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta
menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.

Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup
sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif
kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas,
kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain
yang potensial untuk mewabah.

Adapun pengelompokan mata pelajaran selengkapnya sebagai berikut:

  1. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia meliputi Pendidikan Agama.
  2. kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian meliputi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
  3. kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  4. kelompok mata pelajaran estetika meliputi Seni Budaya dan Bahasa Jawa, Bahasa Inggris.
  5. kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan meliputi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

                                           Struktur Kurikulum SD NEGERI 84 WATANG CENRANA

    Komponen

    Alokasi Waktu

    I

    II

    III

    IV

    V

    VI

    Kelompok A

     

     

     

     

     

     

    1.  Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

    4

    4

    4

    4

    4

    4

    2.  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

    5

    5

    5

    5

    5

    5

    3.  Bahasa Indonesia

    8

    9

    10

    7

    7

    7

    4.  Matematika

    5

    6

    6

    6

    6

    6

    5.  Ilmu Pengetahuan Alam

    3

    3

    3

    6.  Ilmu Pengetahuan Sosial

    3

    3

    3

    Kelompok B

     

     

     

     

     

     

    1. Seni Budaya dan Prakarya

    4

    4

    4

    4

    4

    4

    1. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan

    4

    4

    4

    4

    4

    4

    Muatan Lokal

     

     

     

     

     

     

    1. Bahasa Jawa

    2

    2

    2

    2

    2

    2

    1. Bahasa Inggris

    2

    2

    2

    2

    2

    2

    Jumlah

    34

    36

    38

    40

    40

    40

           Integrasi kompetensi dasar IPA dan IPS didasarkan pada
    keterdekatan makna dari konten kompetensi dasar IPA dan IPS dengan
    konten Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan
    Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani,
    Olahraga, dan Kesehatan yang berlaku untuk kelas I. Sedangkan untuk
    kelas IV kompetensi dasar IPA dan IPS berdiri sendiri. Dan kemudian
    diintegrasikan ke dalam tema – tema yang ada di kelas IV.

    Dengan pengurangan jumlah kompetensi dasar, guru mengembangkan
    proses pembelajaran yang berorientasi peserta didik aktif serta
    menambahkan kegiatan pembelajraran Komputer dalam kegiatan pengembangan
    diri.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Please login to write comment.

Januari 2025
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Buku Tamu

  • Tinah
    Ijin isi buku tamu, makasih
  • Wa doleng
    smoga sukses semua 💋
  • Amel
    Mantap
  • Amran
    jaya terus SDN 84
  • Yusri
    Salam pendidikan 😮

Info Sekolah

SD NEGERI 84 WATANG CENRANA

NPSN 40302677
Tange'E Desa Lebongnge Kec Cenrana Kab. Bone
TELEPON 082341055555
EMAIL [email protected]
WHATSAPP 082341055555