KURIKULUM SD NEGERI 84 WATANG CENRANA
Kurikulum 2013 dikembangkan dengan berbasis pada kompetensi, sangat
dibutuhkan sebagai instrumen untuk mengarahkan peserta didik menjadi;
Pelaksanaan penyusunan kurikulum 2013 adalah bagian dari melanjutkan
pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dirintis
pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan
keterampilan secara terpadu, sebagaimana amanat UU 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional pada penjelasan pasal 35, di mana kompetensi
lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah
disepakati. Strategi pengembangan pendidikan dapat dilakukan pada upaya
meningkatkan capaian pendidikan melalui pembelajaran siswa aktif
berbasis kompetensi; efektivitas pembelajaran melalui kurikulum, dan
peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru; serta lama tinggal di
sekolah dalam arti penambahan jam pelajaran.
Kompetensi inti pada kurikulum 2013 merupakan tingkat kemampuan untuk
mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta
didik pada setiap tingkat kelas. Kompetensi inti terdiri atas:
a. kompetensi inti sikap spiritual;
b. kompetensi inti sikap sosial;
c. kompetensi inti pengetahuan; dan
d. kompetensi inti keterampilan.
Kompetensi dasar merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal
yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada
masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi
inti.Kompetensi dasar pada kurikulum 2013 berisi kemampuan dan materi pembelajaran untuk suatu mata
pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada
kompetensi inti.
No |
Kelompok Mata Pelajaran |
Cakupan |
---|---|---|
1. |
Agama dan Akhlak Mulia |
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk |
2. |
Kewarganega-raan dan Kepribadian |
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan |
3. |
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi |
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD NEGERI 84 WATANG CENRANA dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan |
4. |
Estetika |
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan |
5. |
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SD NEGERI 84 WATANG CENRANA dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup |
Adapun pengelompokan mata pelajaran selengkapnya sebagai berikut:
Komponen |
Alokasi Waktu |
|||||
I |
II |
III |
IV |
V |
VI |
|
Kelompok A |
|
|
|
|
|
|
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
5 |
5 |
5 |
5 |
5 |
5 |
3. Bahasa Indonesia |
8 |
9 |
10 |
7 |
7 |
7 |
4. Matematika |
5 |
6 |
6 |
6 |
6 |
6 |
5. Ilmu Pengetahuan Alam |
– |
– |
– |
3 |
3 |
3 |
6. Ilmu Pengetahuan Sosial |
– |
– |
– |
3 |
3 |
3 |
Kelompok B |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
|
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
Muatan Lokal |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
|
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
Jumlah |
34 |
36 |
38 |
40 |
40 |
40 |
Integrasi kompetensi dasar IPA dan IPS didasarkan pada
keterdekatan makna dari konten kompetensi dasar IPA dan IPS dengan
konten Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan yang berlaku untuk kelas I. Sedangkan untuk
kelas IV kompetensi dasar IPA dan IPS berdiri sendiri. Dan kemudian
diintegrasikan ke dalam tema – tema yang ada di kelas IV.
Dengan pengurangan jumlah kompetensi dasar, guru mengembangkan
proses pembelajaran yang berorientasi peserta didik aktif serta
menambahkan kegiatan pembelajraran Komputer dalam kegiatan pengembangan
diri.
Tinggalkan Komentar