Bu Dita seorang guru SMK. Pada akhir proses pembelajaran, beliau mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi. Dalam proses refleksi, Bu Dita meminta peserta didik untuk bisa berbagi hasil refleksi, namun ketika salah satu peserta didik sedang berbagi, ada peserta didik lain yang asik berbicara dengan teman disebelahnya mengomentari tentang hasil refleksi temannya. Berikut ini yang perlu dilakukan oleh Bu Dita adalah
B. Mengajak peserta didik agar kembali melihat kesepakatan kelas mengenai menghargai orang lain
Bu Indah adalah seorang guru SMA. Beliau sudah menyusun dan menyiapkan beberapa pertanyaan untuk melakukan refleksi pembelajaran, tetapi salah satu muridnya bernama Rendra belum dapat melakukan refleksi dengan mendalam karena belum terbiasa melakukan refleksi. Salah satu cara yang bisa Bu Indah lakukan untuk memfasilitasi Rendra berefleksi adalah
C Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu
Perhatikan beberapa pertanyaan berikut:
Saya paling puas saat berhasil melakukan ….
Cara yang paling membantu saya dalam memahami topik ini adalah ….
Saya masih perlu belajar lagi saat melakukan ….
Target saya pada pembelajaran selanjutnya adalah ….
Saat belajar minggu ini, saya berhasil melakukan ….
Pertanyaan yang tidak tepat ditanyakan saat refleksi bersama murid fase A adalah
C 2 dan 4
Di bawah ini yang termasuk pertanyaan Refleksi adalah
B Bagian mana yang menyenangkan dari pembelajaran ini?
Dalam membuat pertanyaan refleksi yang dapat dijadikan sebagai acuan adalah
a. fase murid
Berikut ini yang TIDAK dilakukan pendidik ketika meminta peserta didik untuk melakukan Refleksi adalah
C. Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya.
Tinggalkan Komentar